Apa itu VPS dan Penjelasan Lengkap Tentang Hosting VPS

Apa itu VPS dan Penjelasan Lengkap Tentang Hosting VPS

Look3 – VPS singkatan Virtual Private Server. Hosting VPS adalah salah satu layanan hosting paling populer yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk membuat situs web. Hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi untuk membuat sumber daya terpisah di server untuk Anda gunakan untuk memisahkan sumber daya itu dari penggunaan bersama dengan pengguna lain di server yang sama.

Hosting jenis ini lebih aman dan lebih stabil daripada shared hosting karena Anda tidak harus berbagi ruang penyimpanan dengan orang lain. Hosting VPS sering dipilih oleh banyak pemilik situs web dengan lalu lintas situs rata-rata yang melebihi batas shared hosting.

Bagaimana cara kerja hosting VPS?

Server adalah komputer yang berisi file dan database yang diperlukan untuk situs web Anda. Setiap kali pengguna ingin mengakses situs web, browser mereka akan mengirimkan permintaan ke server dan itu akan mentransfer file yang diperlukan melalui internet ke komputer mereka. Hosting VPS adalah solusi untuk membantu Anda membuat server yang berfungsi mirip dengan server fisik. Bahkan, mesin ini adalah bagian dari server fisik tetapi memiliki sumber dayanya sendiri yang dialokasikan dari mesin tersebut.

Ini dimungkinkan berkat teknologi virtualisasi, penyedia hosting menginstal lapisan virtualisasi pada sistem operasi server (OS). Kelas ini akan membagi server menjadi beberapa bagian dan memungkinkan pengguna untuk menginstal OS mereka sendiri atau perangkat lunak terpisah.

Oleh karena itu, hosting dibundel sebagai server virtual VPS pribadi karena digunakan secara eksklusif / individual dengan teknologi virtualisasi sehingga Anda memiliki kontrol penuh seperti komputer pada umumnya. Bahkan, teknologi VPS dapat membuat partisi terpisah di komputer pribadi Anda ketika Anda ingin menjalankan lebih dari satu sistem operasi (misalnya, ketika Anda ingin menginstal Windows dan Linux) tanpa harus menginstal ulang.

Menjalankan VPS membantu situs web Anda memuat dalam partisi aman sumber daya tetap yang dialokasikan (memori, ruang disk, CPU). Anda tidak harus membaginya dengan pengguna lain. Dengan hosting VPS, Anda memiliki akses root yang sama seperti ketika Anda menyewa server pribadi, tetapi dengan biaya yang jauh lebih murah.

Perbandingan VPS dengan jenis hosting web lainnya

Ada banyak jenis web hosting yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan berbagai tingkatan di server Anda. Mereka berbeda dalam harga, kinerja (misal waktu membuka halaman) dan kemampuan layanan lainnya (misalnya, waktu aktif). Di bawah ini, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang perbedaan hosting VPS dengan jenis hosting lainnya.

Shared Hosting

Shared Hosting adalah solusi untuk pemilik situs web dengan lalu lintas rendah. Ini sering menjadi pilihan pertama bagi sebagian besar usaha kecil dan menengah. Dengan shared hosting, Anda akan berbagi server fisik dengan pelanggan perusahaan hosting lain.

Oleh karena itu, memori dan prosesor situs web Anda mungkin terpengaruh oleh pengguna dari server yang sama, seperti lalu lintas tinggi dari pengguna lain. Anda tidak dapat memilih sistem operasi atau menginstal perangkat lunak Anda sendiri, serta menyesuaikan server karena semua orang berbagi konfigurasi yang sama. Artinya, penyedia hosting Anda akan menyelesaikan semua masalah yang berhubungan dengan server untuk Anda – mereka adalah admin / operator server sehingga Anda fokus pada pekerjaan Anda.

Perumpamaan shared hosting adalah kamar yang Anda sewa tapi di kamar tersebut Anda harus berbagi dengan banyak teman sekamar. VPS hosting seperti Anda memiliki ruang pribadi di mana Anda memiliki hak dekorasi interior. Misalnya, Anda berhak memilih gorden, warna cat, menambah perabotan dan lainnya.

Cloud Hosting

Ketika menggunakan cloud hosting, Anda tidak menggunakan server tunggal melainkan Anda menggunakan cluster yang beroperasi di cloud. Setiap server dalam sebuah cluster berisi versi terbaru dari situs web Anda. Ketika server tidak berfungsi, cluster secara otomatis mengalihkan lalu lintas ke server lain. Sehingga, cloud hosting tidak akan terjadi downtime, karena selalu ada server di cluster yang dapat menyelesaikan permintaan dari pengunjung.

Cloud Hosting dan VPS hosting tidak jauh berbeda satu sama lain. Selain itu, banyak perusahaan hosting juga mendukung hosting VPS pada platform berbasis cloud . Ini juga solusi yang bisa Anda pilih untuk dijadikan hosting website, karena kombinasi VPS dan teknologi cloud menawarkan manfaat kinerja terbaik.

Hosting WordPress

Hosting WordPress adalah layanan hosting khusus bagi mereka yang memiliki situs WordPress. Ini dioptimalkan untuk WordPress dengan fitur yang hanya dapat Anda gunakan saat menggunakan WordPress, seperti menginstal dengan wordpress dengan 1 klik dan menginstal plugin yang ada di wordpress. Meskipun Anda dapat menginstal WordPress di server virtual, Anda perlu menyesuaikan server secara manual sehingga cocok untuk WordPress. Jika Anda memilih situs VPS untuk WordPress, Anda juga dapat mengatur agar sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda.

Dedicated Hosting

Dengan menggunakan Dedicated Hosting, Anda akan menyewa server fisik untuk bekerja. Jika Anda memiliki situs web dengan lalu lintas tinggi, maka Dedicated Hosting adalah solusi terbaik untuk Anda, karena servernya cepat, fleksibel, dan sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, layanan ini mungkin sangat mahal dan tidak diperuntukan untuk perusahaan kecil dan menengah. Meskipun VPS hosting juga memungkinkan Anda untuk memilih dan menyesuaikan konfigurasi pada sistem operasi dan menyesuaikan aplikasi server, Dedicated Hosting lebih jauh lagi ketika memungkinkan Anda untuk menyesuaikan perangkat keras.